Cara Memilih Laptop Yang Tepat Dan Bagus Untuk Guru

Laptop adalah salah satu perangkat penting yang dibutuhkan banyak orang untuk bekerja atau belajar, begitu pun bagi para pendidik / guru. Terlebih di era digital yang sudah canggih dan semakin masif seperti sekarang ini, guru ditekankan punya kemampuan dalam mengoperasikan komputer atau laptop, setidaknya memahami tentang dasar-dasarnya saja. Dengan laptop tersebut, guru akan lebih mudah membuat bahan ajar, perangkat mengajar dan melakukan tugas lainnya dengan baik.

Mengingat tugas seorang guru cukup banyak, maka akan sulit apabila tidak mempunyai perangkat digital yang mendukung. Apalagi di zaman sekarang, sebagian besar aktivitas dalam kehidupan tidak lagi dilakukan secara manual. Karena hal tersebut kurang efektif dan akan memakan banyak waktu dan tenaga.

Laptop memiliki peranan penting di dunia pendidikan, khususnya dalam pembelajaran. Salah satunya adalah sebagai media penunjang proses komunikasi yang interaktif antara guru dan peserta didik. Apalagi ketika pembelajaran dilaksanakan secara jarak jauh dan blended learning berlangsung, tentu guru membutuhkan laptop agar tetap bisa mengajar peserta didik dengan baik.

Bukan itu saja, dengan laptop guru dapat terbantu untuk membuat media pembelajaran yang menarik dan disukai oleh peserta didik. Dengan laptop guru bisa mengedit video, membuat animasi atau presentasi, membuat poster gambar dan lain sebagainya melalui aplikasi atau software yang ada pada laptop.

Laptop juga dapat membantu mengerjakan tugas-tugas guru dengan mudah, mulai dari mengolah data hasil penilaian siswa, mengolah data absensi peserta didik, membuat RPP satu lembar, membuat soal-soal ulangan harian semester, membagikan media pelajaran, dan lain sebagainya. Hal ini tentu saja mampu membuat pekerjaan menjadi lebih produktif, efektif, efisien, hemat tenaga dan juga praktis.

Cara Memilih Laptop Yang Tepat Dan Bagus Untuk Guru

cara pilih laptop cocok untuk guru

Ada banyak jenis dan merek laptop di pasaran yang dapat dipilih. Setiap laptop tersebut tentu saja memiliki spesifikasi yang tidak serupa, masing-masing mempunyai kegunaan, kekurangan serta kelebihannya tersendiri. Agar pekerjaan lebih nyaman dan tugas-tugas terselesaikan dengan baik, Anda wajib memiliki laptop dengan performa baik dan spesifikasi yang bagus. Berikut adalah beberapa cara memilih laptop yang cocok untuk guru.

[1] Pilih Sistem Operasi yang Tepat

Pertama, cara memilih laptop yang cocok untuk guru adalah Anda harus memilih OS atau operating system yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Anda bisa juga menentukan aplikasi / program apa saja yang dapat membantu pekerjaan Anda untuk menyelesaikan tugas-tugas mengajar dan administrasi. Pada umumnya terdapat beberapa OS yang bisa Anda pilih, yaitu:

  • Windows, sistem operasi ini sangat populer dan banyak digunakan orang, namun terkadang rawan terkena serangan digital.
  • macOS, operating system yang cukup aman, serta memiliki nilai prestisius bagi pemiliknya, namun dibanderol dengan harga sangat tinggi karena hanya diproduksi oleh Apple.
  • Chrome OS, sistem operasi ini termasuk yang super ringan dan memudahkan, namun tidak dapat memasang banyak aplikasi dan kurang fleksibel dengan OS lainnya.
  • Linux, sistem operasi ini merupakan OS gratis yang memiliki fitur cukup lengkap dan aman, namun hingga saat ini kadang masih kurang user friendly.

Ada beberapa aplikasi yang hanya bisa digunakan pada sistem operasi tertentu, misalnya Sketch yang khusus hanya dapat dipakai untuk laptop macOS. Jadi, cukup penting untuk mempertimbangkan aplikasi / program dan fitur penunjang pekerjaan Anda sebagai guru untuk memilih sistem operasi yang tepat.

[2] Spesifikasi Terkini dan Terbaru

Sebagai seorang guru, laptop yang dimiliki harus dengan spesifikasi terbaru dan paling update. Pada dasarnya, spesifikasi laptop yang dipakai harus bisa mendukung segala aktivitas yang diperlukan, yaitu sebagai penunjang kegiatan belajar mengajar dan mengerjakan perangkat administrasi keguruan.

Pastikan bahwa spesifikasi laptop yang dipilih bisa melakukan sesuatu yang dibutuhkan guru. Misalnya untuk melakukan video meeting, mengetik soal ulangan dan materi, browsing mencari referensi, hingga melakukan editing video sederhana. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda sebagai guru, karena semakin kuat kinerja laptop, harganya pun akan semakin tinggi.

Dengan spesifikasi terbaru dan paling update, guru juga dapat mempelajari hal-hal baru yang ada pada laptop. Sebab, setiap tahunnya terkadang ada perubahan dalam hal performa laptop tersebut, ini juga disesuaikan dengan perkembangan zaman yang semakin canggih.

[3] Kapasitas RAM Laptop

Random Access Memory (RAM) merupakan salah satu komponen penting dalam laptop yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara dan bekerja hanya saat laptop hidup atau beroperasi. Untuk keperluan standar sehari-hari, seperti mengetik di Microsoft Office atau menjelajah internet, direkomendasikan memori RAM 4GB sudah termasuk kapasitas paling rendah.

Apabila menginginkan kapasitas yang lebih tinggi, RAM 8GB atau RAM 16GB sudah lebih dari cukup. Untuk itu, kembali lagi kepada Anda karena harus disesuaikan dengan kebutuhan, misalnya kegunaan yang lebih berat untuk mengedit video atau melakukan coding.

Sebaiknya pilih kapasitas RAM laptop yang cukup tinggi, karena hal tersebut akan memudahkan Anda saat menggunakan aplikasi atau program apapun. Kinerja laptop juga akan jauh lebih cepat dan lancar jika kapasitas RAM lebih dari 4GB.

[4] Bisa Multitasking

Dalam mengajar — apalagi jika dilakukan secara online — tentu saja membutuhkan laptop yang sanggup melakukan multitasking karena guru bukan hanya membuka presentasi maateri dalam bentuk PowerPoint, namun membuka video meeting seperti Zoom atau Google Meet juga.

Dengan spesifikasi yang bagus dan kuat, laptop akan mampu mengerjakan beberapa tugas secara bersamaan. Hal ini dapat membuat Anda akan lebih nyaman dan cepat dalam melakukan berbagai pekerjaan. Namun perlu diketahui, bahwa multitasking membutuhkan fokus dan konsentrasi yang cukup tinggi, sebaiknya Anda fokus terhadap satu pekerjaan terlebih dahulu agar mendapatkan hasil yang maksimal.

[5] Sesuaikan dengan Budget yang Dimiliki

Poin yang satu ini tidak kalah penting juga untuk Anda perhatikan. Pasalnya, membeli laptop tentu saja memerlukan biaya yang cukup tinggi, yaitu jutaan rupiah. Setiap laptop mempunyai harga yang bervariasi sesuai dengan spesifikasi dan generasi komponen yang tertanam di dalamnya. Semakin tinggi spesifikasi dan semakin terbaru produk komponen yang melengkapinya, maka laptop akan memiliki harga yang semakin tinggi.

Namun tidak perlu khawatir, jika Anda cermat dalam memilih perangkat, Anda bisa memdapatkan laptop entry level dengan harga terjangkau dan spesifikasi cukup bagus serta mumpuni untuk mengajar dan mengerjakan administrasi keguruan.

Itulah beberapa tips yang dapat GuruAbata.com bagikan untuk Anda agar dapat memilih laptop yang cocok untuk guru guna menunjang kelancaran dalam tugas administrasi dan mengajar menjadi lebih mudah dan efektif. Setelah memiliki laptop yang tepat untuk profesi Anda sebagai guru, maka jangan lupa untuk selalu merawatnya dengan baik agar laptop tersebut memiliki performa yang bagus dan bisa tahan lama.

Tulis Komentar

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak melakukan spamming.

Lebih baru Lebih lama